Home / Budaya Pariwisata / Kanwil Kemenkumham PB Gelar Diseminasi dan Promosi Kekayaan Intelektual Komunal di Kaimana

Kanwil Kemenkumham PB Gelar Diseminasi dan Promosi Kekayaan Intelektual Komunal di Kaimana

Bagikan Artikel ini:

KAIMANANEWS.COM- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat, Kamis (16/2/2022) melaksanakan kegiatan promosi dan diseminasi kekayaan intelektual komunal di Kabupaten Kaimana.

Kegiatan yang dilaksanakan di Grand Papua Hotel Kaimana melibatkan perwakilan tokoh masyarakat, para pejabat perwakilan OPD dan lainnya ini, dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana, Drs. Donald R. Wakum mewakili Bupati Kaimana.

Diseminasi dan promosi ini sendiri bertujuan, meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum serta perlindungan hukum atas kekayaan intelektual khususnya kekayaan intelektual komunal dalam tumbuh kembangnya di masyarakat sebagai penopang daya saing daerah di era Pandemi Covid-19.

Sekda Kaimana Donald Wakum mengawali sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat dan jajarannya yang tak henti-hentinya secara terus menerus memberikan pendampingan serta pembinaan tentang hak kekayaan komunal.

Dikatakan, Kabupaten Kaimana memiliki kekayaan suku budaya dan bahasa yang beraneka ragam, yang memberikan dinamika tersendiri dalam satu kesatuan wilayah. Keberagaman tersebut lanjut Sekda, menjadi modal utama sekaligus motor penggerak serta kekuatan dalam pembangunan di daerah ini.

Baca Juga:  Menparekraf Berencana Gelar Investor Summit untuk Kembangkan Pariwisata Kaimana

Sekda juga menjelaskan, Kabupaten Kaimana dengan luas wilayah 36.000 km², yang terdiri atas daratan seluas 18.500 km² dan lautan seluas ± 17.500 km² ini, memiliki populasi penduduk pada tahun 2021 sebanyak 64.762 jiwa. Puluhan ribu penduduk ini, tersebar di delapan wilayah suku, yakni Mairasi, Kuri, Irarutu, Oburauw, Madewana, Miere, Napiti dan Koiway.

Lebih jauh Sekda berharap, sosialisasi promosi dan diseminasi kekayaan intelektual komunal yang digelar Kanwil Kemenkumham Papua Barat ini, dapat membuka wawasan dan pemahaman baru akan pentingnya perlindungan hukum atas hak kekayaan intelektual yang menjadi milik komunal atau masyarakat.

“Melalui kesempatan berbahagia ini, saya mengharapkan peserta kegiatan diseminasi dan promosi kekayaan intelektual komunal dapat memahami arti pentingnya kekayaan intelektual komunal dan selanjutnya menjadi modal dasar dalam mengembangkan budaya lokal di daerah ini,” ungkap ayah dari Joan Idol, pemeran Jenny dalam film sepeda presiden ini.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, Slamet Prihantara melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Aleks Kosmas Pinem menjelaskan, kekayaan intelektual meliputi; kekayaan intelektual personal dan kekayaan intelektual komunal.

Baca Juga:  Kejaksaan Negeri Kaimana Sumbang 6 Unit Tempat Sampah untuk Area Taman Kota

Kekayaan intelektual personal, meliputi hak cipta, paten, merek dan indikasi geografis, desain tata letak sirkuit terpadu. Sedangkan kekayaan intelektual komunal, mencakup; ekspresi budaya tradisional, pengetahuan tradisional, sumber daya genetika dan potensi indikasi geografis.

Ia juga menjelaskan, sampai saat ini, kekayaan komunal yang berasal dari Provinsi Papua Barat yang tercatat pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 18 pencatatan. Dengan demikian akan memberikan nilai positif, dimana terdapatnya perlindungan dan kepastian hukum atas kekayaan intelektual yang dimiliki daerah.

“Oleh karenanya kami mengharapkan melalui kegiatan diseminasi dan promosi kekayaan intelektual komunal hari ini, dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan pendaftaran kekayaan intelektual komunal yang dimiliki masyarakat Kabupaten Kaimana,” ujar Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM.

Kegiatan yang diselingi foto bersama ini, menghadirkan nara sumber; Daulat Pandapotan Silitonga, SH,M.Hum Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham, serta Dr. Ir. Ishak Musaad, M.P Ketua Pusat Kekayaan Intelektual Universitas Papua. |INT|RED|  


Bagikan Artikel ini:

Check Also

Ini Pesan Bijak Dubes Seychelles Nico Barito Untuk Masyarakat Kaimana

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM- Duta Besar Seychelles untuk Indonesia, Nico Barito yang juga merupakan utusan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *