Home / Opini / Pemuda dan Kontribusinya Bagi Kemajuan Daerah

Pemuda dan Kontribusinya Bagi Kemajuan Daerah

Bagikan Artikel ini:

Oleh: SLAMET LAWAY, S.STP

Sejak Awal abad 20 banyak gerakan-gerakan pemuda yang lahir dari suatu kondisi psikologi sosial yang meluap akibat keadaan bangsa waktu itu. Mulai dari gerakan individu, kelompok kecil, hingga kelompok besar yang terorganisir. Dalam konteks perjuangan bangsa melawan kolonialism dan imperialsm pun tak luput dari keterlibatan pemuda sebagai tonggak perjuangan bangsa. Pasca momentum di tanggal 17 Agustus tahun 1945 dinamika kenegaraan diwarnai dengan berbagai macam momentum yang lahir dari kelompok pemuda, hingga Mei 1998 ketika terjadi reformasi perlu diapresiasi bahwa hal itu merupakan salah satu jerih payah pemuda.

Lebih dari itu dalam dinamika kedaerahan pun keterlibatan pemuda penting adanya, dalam membangun suatu perubahan daerah yang berkemajuan maka partisipasi pemuda sangat diperlukan. Sebagai generasi yang menjadi titik sentral suatu peradaban maka pemuda harus mampu menjawab tantangan masa depan yang progresif dan solutif, perkembangan kehidupan umat manusia sudah sangat berkemajuan sehingga kondisi tersebut menjadi peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi pemuda.

Pada kondisi yang demikian mengharuskan semua berlomba-lomba dalam menghadapi tantangan, pemuda secara individual maupun komunal dibutuhkan untuk kemajuan peradaban. Konsepsi pembangunan daerah yang berkemajuan pun demikian pentingnya peran pemuda, pada level pembngunan daerah yang berkemajuan secara teoritis hanya disebutkan partisipasi masyarakat akan tetapi pada praktiknya partisipasi pemuda yang sangat dominan dibutuhkan untuk mendukung kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan daerah.

Baca Juga:  KAIMANA DAN SEBUAH HARAPAN

Dalam RPJMN 2020-2024 pemuda menjadi salah satu skala prioritas yang bertujuan peningkatan SDM yang diarahkan ke tiga hal yakni, pertama Penguatan kapasitas kelembagaan, koordinasi strategis pemangku kepentingan, serta pembangunan peran dunia usaha dan masyarakat dalam menyelenggarakan pelayanan kepemudaan yang terintegritas, kemudian kedua peningkatan partisipasi sosial dan politik pemuda, dan ketiga pencegahan perilaku berisiko pemuda.

Selanjutnya dari prioritas yang termuat dalam RPJMN tersebut juga jika merujuk pada Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), di Papua Barat sendiri terdapat peningkatan IPP akan tetapi hanya pada beberapa indikator, misalnya peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, serta gender dan diskriminasi. Sedangkan pada domain lain yang menjadi indikator dan masih sangat rendah ialah lapangan dan kesempatan kerja, kemudian yang sangat krusial yaitu partisipasi pemuda dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan yang persentasinya hanya 66,95% dan itu merupakan persentasi terendah secara nasional.

Baca Juga:  Kepemimpinan Kepala Sekolah di Masa New Normal

Tentu dengan data diatas menjadi tantangan bagi kita bersama sebagai pemuda-pemuda daerah untuk menopang dan mendukung kemajuan daerah, pada prinsipnya indikator diatas menjadi salah satu acuan untuk evaluasi diri sebagai seorang pemuda. Ketika partisipasi pemuda tinggi maka efeknya sudah pasti ada perubahan yang signifikan pada pembangunan di daerah, dan hal demikian perlu dilakukan secara linear maupun kontinyu agar trend positif dan capaiannya semakin baik.

Sebagai kelompok aktif dan potensial sudah seharusnya kita saling bergandeng tangan dan menopang untuk kemaslahatan bersama, karena jika satu pemuda yang memiliki kemampuan tertentu mampu untuk berkontribusi maka akan sangat lebih baik, efektif, serta progresif jika semua terintegrasi dalam satu nafas perjuangan dan tentunya lebih banyak kontribusi untuk pembangunan daerah yang berkemajuan demi kemaslahatan masyarakat di daerah.

Penulis adalah Ketua BKPRMI Kabupaten Kaimana, Kandidat Ketua Umum DPD KNPI Kabupaten Kaimana.


Bagikan Artikel ini:

Check Also

NASIB GENERASI Z DITENGAH ARUS PERKEMBANGAN ZAMAN

Bagikan Artikel ini: Oleh : Rahmiani. Tiflen, Skep (Pegiat Literasi dan Praktisi Kesehatan) Anak adalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *