Home / Berita Utama / Wabup Hasbulla Buka Konferensi IV Masyarakat Adat Kaimana  

Wabup Hasbulla Buka Konferensi IV Masyarakat Adat Kaimana  

Bagikan Artikel ini:

KAIMANANEWS.COM – Konferensi IV Masyarakat Adat Kaimana resmi digelar. Kegiatan yang dijadwalkan 25-27 April 2024 ini, dibuka Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, SP.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan yang dipusatkan di Gedung Pertemuan Casuarina Krooy ini, Sekjen Dewan Adat Papua Leonard Imbiri, Deputi Pengembangan Organisasi dan Kelembagaan Adat Engelbert Dimara, Deputi Informasi dan Komunikasi Dina Mariawasi, Forkopimda Kaimana, serta tamu undangan lainnya.

Pantauan Kaimana News.Com, pembukaan Konferensi IV Masyarakat Adat Kaimana, Kamis (25/4/2024) petang ini, diawali prosesi penjemputan dan perarakan tamu dari Sekretariat Dewan Adat Kaimana menuju lokasi kegiatan Gedung Pertemuan Krooy dengan iringan musik dan tari Seka.

Ketua Panitia Konferensi, Marius Nega menjelaskan, konferensi IV masyarakat adat Kaimana ini akan diikuti oleh 150 peserta, yang terdiri utusan 8 suku asli Kaimana masing-masing 15 orang, organsasi dibawah dewan adat, serta peninjau dari suku nusantara maupun suku cenderawasih.

Baca Juga:  92 Warga Kaimana Terkonfirmasi Positif Covid-19, 11 Anak-Anak

Kegiatan konferensi masyarakat adat ini lanjut Marius, akan diisi pemaparan materi pengantar terkait penguatan kelembagaan adat, evaluasi kinerja dewan adat Kaimana periode lama, serta pemilihan ketua dewan adat Kaimana periode yang baru.

Wakil Bupati Kaimana, Hasbulla Furuada menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan kegiatan ini, serta apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dalam rangka mensukseskan kegiatan ini.

Lembaga adat lanjut Wabup, merupakan suatu organisasi kemasyarakatan yang telah tumbuh dan berkembang didalam suatu masyarakat adat tertentu, serta memiliki wilayah hukum dan hak atas harta kekayaan didalam wilayah hukum adat tersebut.

Masyarakat adat juga berhak dan berwenang dalam mengatur, mengurus serta menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan adat istiadatnya. Oleh karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana menaruh perhatian khusus pada lembaga masyarakat Dewan Adat Kaimana.

Baca Juga:  Pemda Kaimana Dorong Ranperda Kawasan Tanpa Rokok, Pelanggar Didenda 10 Juta

“Saya mewakili Pemerintah Daerah Kaimana mengucapkan selamat berkumpul kembali dalam satu atap kepada 8 suku besar Kaimana. Semoga dalam pertemuan yang dianugerahkan Tuhan ini dapat mencetuskan juga memberikan ide dan gagasan brilian, serta rekomendasi dari setiap suku guna menjadi solusi bagi masyarakat dan tanah negeri Papua khususnya di negeri 1001 senja Kaimana,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen Dewan Adat Papua Leonard Imbiri berharap,pemuda adat Kaimana terlibat penuh dalam kegiatan konferensi ini mengingat pada 27 Juni sampai 1 Juli 2024 mendatang, akan digelar konferensi pertama pemuda adat Papua di Jayapura.

Ia berharap, ada gagasan yang dicetuskan para pemuda adat Kaimana dalam konferensi IV masyarakat adat ini, untuk nanti direkomendasikan pada kegiatan konferensi pemuda adat Papua pertama di Jayapura. |RED|


Bagikan Artikel ini:

Check Also

Bupati Freddy Buka Temu Karya Daerah 1 Karang Taruna Kaimana

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM – Bupati Kaimana, Freddy Thie buka kegiatan Temu Karya Daerah (TKD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *