Home / Berita Utama / Jelang Idul Adha, DKPP Kaimana Sosialisasi Tata Laksana Pemotongan Hewan Qurban

Jelang Idul Adha, DKPP Kaimana Sosialisasi Tata Laksana Pemotongan Hewan Qurban

Bagikan Artikel ini:

KAIMANANEWS.COM- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kaimana, Selasa (5/7/2022) menggelar sosialisasi tata laksana pemotongan hewan qurban menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Dinas KPP dengan melibatkan para pengurus masjid dan mitra usaha peternakan ini, dibuka Kepala Dinas KPP, Aristoteles Idorway, SP.

Kegiatan ini juga menghadirkan dua nara sumber, drh. Ida Ayu Oka Sawitri dengan materi bertajuk ‘pemeriksaan antemortem dan postmortem pada hewan qurban’ dan Kepala Sektor Karantina Pertanian Wilker Kaimana, Aswin, A.Md.P dengan materi tentang ‘aturan lalulintas keluar masuk hewan.’

Baca Juga:  Dinkes Gelar Pertemuan Monev Malaria, Tahun 2027 Kaimana Bebas Malaria

Kepala DKPP, Aristoteles Idorway pada pembukaan kegiatan mengatakan, sosialisasi tata laksana pemotongan hewan qurban ini bertujuan agar daging qurban yang nanti akan diberikan kepada masyarakat benar-benar dalam kondisi layak dikonsumsi.

Sosialisasi ini lanjut Idorway, tidak bermaksud untuk menyulitkan para mitra usaha peternakan, tetapi agar semua berada dalam satu pemahaman bahwa hewan yang nanti dikurbankan, tidak terinfeksi penyakit mulut dan kuku yang saat ini sedang melanda.

Baca Juga:  Bupati Kaimana Letak Batu Pertama Pembangunan SMTK Negeri

“Karena PMK yang menyerang hewan ini, akan berdampak buruk juga pada kesehatan manusia yang mengkonsumsinya. Jadi mari kita sama-sama pahami. Nanti dokter hewan akan menjelaskannya secara lebih rinci,” ujar Idorway.

Kesempatan yang sama, Idorway juga meminta staf Bidang Peternakan, agar pada hari raya Idul Adha nanti melakukan pengecekan kondisi hewan qurban disetiap lokasi pemotongan untuk memastikan daging kurban tersebut layak dibagikan. |RED|KN1| 


Bagikan Artikel ini:

Check Also

Seorang Pria di Kampung Lobo Tewas Dianiaya  

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM – Peristiwa naas menimpa Elimelek Kamakaula (38) yang meregang nyawa akibat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *