Home / Polhukam / Serah DPA 2024, Wabup Hasbulla Sampaikan ini ke OPD

Serah DPA 2024, Wabup Hasbulla Sampaikan ini ke OPD

Bagikan Artikel ini:

KAIMANANEWS.COM – Wakil Bupati Kaimana, Hasbulla Furuada mewakili Bupati Freddy Thie, Senin (22/4/2024) menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2024 kepada masing-masing OPD.

Penyerahan berlangsung di Aula Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kaimana. Wabup pada kesempatan tersebut didampingi Sekretaris Daerah, Drs. Donald R. Wakum.

Wabup Hasbulla pada saat penyerahan meminta agar setelah diterimanya dokumen pelaksanaan anggaran ini, semua pimpinan OPD segera menjalankan program kegiatan yang sudah direncanakan dalam DPA.

“Ada beberapa pesan yang disampaikan oleh pak bupati bahwa, diharapkan seluruh OPD dapat mengoptimalkan anggaran yang ada untuk tahun 2024 ini. Pesan berikutnya, setelah penyerahan DPA ini, masing-masing OPD juga dapat menginput panel sistem SiRUP, untuk proses penyediaan barang dan jasa,” ungkapnya.

Baca Juga:  36 Hari Lagi, Pertarungan Politik 299 Caleg Memenangkan 20 Kursi DPRD Kaimana Ditentukan

Wabup juga mengingatkan OPD agar dapat mengusulkan kegiatan-kegiatan yang langsung berdampak kepada masyarakat. “Untuk rencana kerja masing-masing OPD, harus ada program kegiatan yang lebih berdampak kepada masyarakat, khususnya OPDyang bersentuhan langsung dengan leading sector,” ujarnya.

Menurutnya, OPD yang berkaitan langsung dengan leading sector seperti Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Perindagkop, harus bisa dioptimalkan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Misalnya pertanian, program apa saja yang bisa dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan ketahanan pangan. Kalau untuk perikanan, sejak dua tahun terakhir ini, banyak sekali hasil ikan yang ditangkap oleh nelayan kita. Tetapi kita sulit untuk membawanya ke pasar. Ini juga perlu diperhatikan. Berikutnya lagi Perindagkop, mungkin sudah memikirkan bagaimana potensi peningkatan UMKM. Kita punya pasar yang sudah dibangun, bagaimana supaya segera difungsikan dan dioptimalkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pemda Kaimana Tetapkan Target PAD Tahun 2024 Sebesar 27,4 Miliar   

Ia juga mengingatkan agar OPD bisa mengelola anggaran dengan baik dan optimal, sehingga dapat berdampak secara langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kaimana. |RED|  


Bagikan Artikel ini:

Check Also

DPC Demokrat Kaimana Resmi Buka Pendaftaran dan Penjaringan Bakal Calon

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM – Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Kaimana, resmi membuka pendaftaran dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *