Home / Budaya Pariwisata / DPRD Kaimana Dukung Langkah Pemkab Kembangkan Sektor Pariwisata

DPRD Kaimana Dukung Langkah Pemkab Kembangkan Sektor Pariwisata

Bagikan Artikel ini:

Lokasi Kawasan Wisata Bahari Teluk Triton Kaimana

KAIMANANEWS.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kaimana mendukung langkah Pemerintah Daerah dalam mengelola dan mengembangkan sektor pariwisata.

Namun DPRD mengingatkan Pemerintah Daerah agar dalam penentuan lokasi wisata harus berkoordinasi secara baik dengan pemilik hak wilayah dan tetap memunculkan ciri khas budaya Kaimana.

“Kita mengapresiasi Pemerintah Daerah dalam pengembangan kepariwisataan. Akan tetapi kami ingatkan agar penentuan destinasi pariwisata perlu adanya koordinasi yang baik dengan pemilik hak wilayah sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari dan dalam pembangunan kepariwisataan tetap memunculkan ciri khas budaya Kaimana,” ujar anggota Fraksi Golkar, Hengky Murmana pada rapat paripurna pengesahan APBD 2023.

Baca Juga:  Kejaksaan Negeri Kaimana Sumbang 6 Unit Tempat Sampah untuk Area Taman Kota

Dukungan yang sama juga datang dari Fraksi Demokrat melalui anggota fraksi, Fatamsya Furu. Fraksi ini menyarankan, perlu adanya manajemen yang baik dalam pengelolaan pariwisata sehingga berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kaimana.

Bupati Kaimana, Freddy Thie menyampaikan terima kasih kepada DPRD yang telah memberikan dukungan dalam pengembangan pariwisata. Ia menyebut, pembangunan di bidang pariwisata ini tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal Kaimana.

Freddy Thie juga menjelaskan, pembangunan pariwisata telah sesuai tema pembangunan tahun 2023 sebagaimana yang termuat dalam RPJMD Kabupaten Kaimana 2021-2026 yakni memastikan kontinuitas dan peningkatan pada prioritas pembangunan daerah diikuti pengembangan pariwisata, pusat pertumbuhan ekonomi wilayah melalui sentra ekonomi, pengembangan arus pelayaran dan penyediaan hub energi.

Baca Juga:  Taman Jokowi-Iriana dan Taman JK akan Didesain dengan Sentuhan Budaya

“Demikian juga pada fokus pembangunan tahun ke-II bidang pariwisata, telah disebutkan dalam RPJMD bahwa pengembangan pariwisata difokuskan pada pengembangan kawasan strategis pariwisata (KSP) dan pemberdayaan pada 5 titik. Berdasarkan itu dapat kita simpulkan bahwa pengembangan pariwisata merupakan bidang yang menjadi prioritas pembangunan tahun 2023 sehingga harus disertai dengan pendanaan yang memadai,” pungkasnya. |KN1|


Bagikan Artikel ini:

Check Also

Bupati Buka Festival Amal Ilmiah SMP Yapis Kaimana

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM – Kedua kalinya, 4-9 Desember 2023, SMP Yapis Kaimana menggelar Festival …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *