Home / Berita Utama / Tutup Kegiatan Hari Bumi, Bupati Kembali Ingatkan Sampah Tanggungjawab Bersama  

Tutup Kegiatan Hari Bumi, Bupati Kembali Ingatkan Sampah Tanggungjawab Bersama  

Bagikan Artikel ini:

KAIMANANEWS.COM- Bupati Kaimana Freddy Thie, Rabu (1/5/2024) menutup secara resmi rangkaian kegiatan memperingati Hari Bumi Tahun 2024 yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup bersama mitra.

Penutupan kegiatan Hari Bumi Tahun 2024 yang dilaksanakan di Pantai JK Kaimana ini dirangkai dengan kegiatan Clean Up Day berupa pembersihan sampah di sejumlah titik dalam wilayah Kota Kaimana.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil peran dalam kegiatan Hari Bumi. Kegiatan ini tegas Bupati, sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Kaimana yaitu Kaimana nol sampah.

Saya sebagai Pemerintah Kabupaten Kaimana menyampaikan banyak-banyak terima kasih dan memberikan apresiais yang luar biasa untuk semua pihak baik itu siswa SMA, SMK, LSM, mitra-mitra Pemerinta, TNI, Polri dan semua masyarakat Kabupaten Kaimana yang telah mengambil peran dalam kegiatan Hari Bumi,” ujar Bupati.

Baca Juga:  Di Tengah Pandemi Covid, 18 Pasutri di Kaimana Layangkan Gugatan Cerai

Terkait program Kaimana Nol Sampah, Bupati secara khusus mengingatkan, masalah sampah bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi menjadi tanggungjawab bersama seluruh masyarakat Kabupaten Kaimana.

Yang dimaksud dengan Kaimana nol sampah tegas Bupati, bukan sampah tidak ada karena petugas dari Lingkungan Hidup sudah ambil dan kumpul lalu diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Tetapi Kaimana nol sampah yang saya maksud itu dimulai dari diri kita masing-masing. Bagaimana kita membangun kesadaran mulai dari lingkup terkecil di rumah, RT, Kelurahan dan seterusnya. Kita sudah mulai mencoba pisahkan sampah-sampah. Contoh sampah plastik, sampah rumah tangga dan juga sampah pecahan dan kaleng-kaleng, kita harus berani untuk melakukan pemisahan,” tegasnya.

Baca Juga:  10 Anak Korban Pelecehan Seksual Berhasil Jalani Trauma Healing

Dijelaskan, data dari UPTD Persampahan Kaimana menyebutkan, setiap hari kurang lebih sampah yang diangkut menuju TPA mencapai sekitar 10 ton atau setara dengan 1000 kilogram, terdiri dari sampah plastik dan lainnya. Kedepan, sampah-sampah plastik ini akan dikelola menjadi sumber ekonomi.

Bupati juga sebut, terkait pengelolaan sampah, Kaimana beberapa waktu lalu baru mendapatkan sertifikat dari Kementerian Lingkungan Hidup. Sertifikat ini akan menjadi motivasi untuk kedepan Kabupaten Kaimana bisa mendapat piala adipura. |RED|  


Bagikan Artikel ini:

Check Also

Biro Kesra Setda Papua Barat Gelar Rapat Koordinasi Teknis di Kaimana

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM- Mengusung tema meningkatkan integritas yang bersinergi, Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *