Home / Pendidikan / Dinas PPO Kaimana Siapkan Asrama di Coa untuk Menampung Pelajar SMA/SMK dari Distrik

Dinas PPO Kaimana Siapkan Asrama di Coa untuk Menampung Pelajar SMA/SMK dari Distrik

Bagikan Artikel ini:

KAIMANANEWS.COM – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kaimana akan melakukan perbaikan dan melengkapi sarana prasarana asrama di Coa untuk menampung siswa-siswa tingkat SMA/SMK yang datang dari distrik.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kaimana, Drs. Ray Ratu D. Come, MM ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (13/5/2024).

Dikatakan, bangunan yang akan direhab tersebut merupakan bekas asrama siswa SMK Negeri I, sehingga diharapkan pada tahun ajaran baru nanti bisa ditempati oleh siswa-siswi yang datang dari kampung-kampung.

“Jadi untuk asrama yang ada di Coa itu tidak hanya untuk anak-anak SMK Negeri 1, tetapi untuk seluruh SMA/SMK di Kabupaten Kaimana. Tahun ini kita rehab dan siapkan sarana prasarana pendukungnya untuk nanti diperuntukkan bagi adik-adik kita yang datang dari distrik-distrik, yang orang tuanya tidak mampu atau lainnya,” ungkap Ray.

Baca Juga:  Bersama PKK Kaimana, Bupati Freddy Thie Bagi Bingkisan ke PAUD dan TK

Ray juga menjelaskan, asrama untuk jenjang SMA/SMK ini nantinya akan di terapkan metode pengajaran, pengasuhan dan pelatihan. Sehingga diharapkan, anak didik yang tinggal di asrama ini bisa lebih mandiri ketika sudah menyelesaikan pendidikan ditingkat SMA/SMK yang ada di Kabupaten Kaimana.

Untuk metode pengajaran lanjutnya, pihaknya akan merekrut guru-guru yang belum mendapatkan pekerjaan, atau guru-guru pensiunan yang masih produktif. Sementara untuk pengasuhan, akan merekrut mereka yang berlatar belakang pensiunan TNI atau Polri yang masih bisa bekerja.

“Sementara untuk pelatihan ini, kita akan kerja sama dengan Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian, sehingga ada semacam pembinaan khusus untuk anak-anak asrama. Mereka bisa memilih berkebun atau kegiatan perikanan. Sehingga anak-anak ini benar-benar dilatih untuk mandiri. Ini sejalan dengan dua potesi besar kita yaitu perikanan dan pertanian yang adalah leading sector di Kabupaten Kaimana,” ujarnya.

Baca Juga:  Bupati Kaimana Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Sementara terkait kapasitas asrama, Ray mengatakan, untuk tahap awal, Dinas Pendidikan akan menerima sebanyak 60 hingga 100 anak.

“Kami berharap orang tua anak didik yang ada dikampung-kampung bisa menempatkan anaknya di asrama ini, sehingga mereka lebih terarah, baik dalam hal belajarnya maupun dalam kegiatan-kegiatan samping lainnya sehingga bisa membentuk mereka menjadi pribadi yang unggul dan bermanfaat untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk masyarakat nantinya,” pungkasnya. |RED|


Bagikan Artikel ini:

Check Also

BGP Papua Barat Gelar PTM Keempat Angkatan IX Kaimana

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM – Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Papua Barat menggelar Pembelajaran Tatap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *