Home / Budaya Pariwisata / Sampaikan Aspirasi, FPMAAK Datangi Kantor Dewan Adat Kaimana

Sampaikan Aspirasi, FPMAAK Datangi Kantor Dewan Adat Kaimana

Bagikan Artikel ini:


KAIMANANEWS.COM – Forum Peduli Masyarakat Adat Asli Kaimana (FPMAAK) menggelar demo damai di Kantor Dewan Adat Kaimana, Selasa (28/11/2023).

Dalam aksi demo damai dimaksud, FPMAAK menyampaikan 22 poin tuntutan, dua diantaranya adalah mempertanyakan SK Perpanjangan pengurus Dewan Adat Kaimana dan pengukuhan Paulus Waterpauw sebagai Kepala Suku Besar Kabupaten Kaimana.

Sebelum menyampaikan aspirasi, massa yang dikoordinir Chandra Furima, melakukan longmarch dari Pasar Air Tiba menuju kantor Dewan Adat Kaimana.

Tiba di Kantor Dewan Adat, setelah mengetahui Ketua Dewan Adat tidak berada di tempat, mereka meminta pihak berwenang menghadirkan Ketua Dewan Adat.

Baca Juga:  Hadiri Ibadah Syukur Imlek, Bupati Freddy ajak Warga Tionghoa Kaimana Pupuk Terus Rasa Persaudaraan

Tak lama kemudian, Ketua Dewan Adat Yohan Werfete pun tiba di kantor Dewan Adat Kaimana dan langsung menemui massa pendemo. Terkait aspirasi, Yohan menjelaskan, pengukuhan Paulus Waterpauw tidak sebagai kepala suku besar asli Kaimana, tetapi pengukuhan sebagai orang tua bagi seluruh suku asli yang ada di Kabupaten Kaimana.

Sementara terkait SK perpanjangan kepengurusan Dewan Adat Kaimana, Yohan mengatakan, banyak kepentingan anak asli Kaimana yang perlu diperhatikan.

Baca Juga:  Kanwil Kemenkumham PB Gelar Diseminasi dan Promosi Kekayaan Intelektual Komunal di Kaimana

Diantaranya; rekomendasi yang harus diberikan oleh dewan adat Kaimana kepada anak-anak asli Kaimana yang mengikuti test kepolisian. Dan beberapa hal lain yang memerlukan rekomendasi dari dewan adat Kaimana.

Awalnya, rencana aksi ini akan diakhiri dengan pemalangan kantor Dewan Adat Kaimana, namun setelah berkoordinasi dengan pihak keamanan (polisi), akhirnya pemalangan kantor batal dilakukan.

Setelah mendengar jawaban Ketua Dewan Adat, massa pendemo akhirnya membubarkan diri untuk kembali menjalankan aktivitasnya masing-masing. |RED|


Bagikan Artikel ini:

Check Also

Bupati Buka Festival Amal Ilmiah SMP Yapis Kaimana

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM – Kedua kalinya, 4-9 Desember 2023, SMP Yapis Kaimana menggelar Festival …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *