Home / Berita Utama / Terkait APBD 2024, Ini Jawaban Bupati Kaimana

Terkait APBD 2024, Ini Jawaban Bupati Kaimana

Bagikan Artikel ini:

KAIMANANEWS.COM- Bupati Kaimana, Freddy Thie mengatakan, dokumen anggaran tahun 2024 akan didorong ke DPRD sebelum hari raya natal. Penyampaian dokumen anggaran mengalami keterlambatan akibat beberapa persoalan yang dihadapi daerah.

Bupati menyampaikan ini ketika dikonfirmasi terkait belum ditetapkannya APBD Kabupaten Kaimana Tahun 2024, padahal berdasarkan aturan APBD harus disahkan satu bulan sebelum akhir tahun anggaran.

Kepada wartawan usai pembukaan Parade Natal 2023 di Pantai Bantemi, Jumat (1/12/2023) Bupati mengakui, sudah mendapat surat penyampaian dari DPRD terkait batas waktu penetapan APBD yakni 30 November.

“Batas waktu yang disampaikan dalam surat Ketua DPRD itu harus tanggal 30 November. Ini sudah tanggal 1 Desember kita belum dorong, jujur bahwa memang ada keterlambatan. Keterlambatan ini sudah tentu kita paham dengan kondisi yang sementara kita ikuti,” ungkap Bupati.

Baca Juga:  Tambahan Belanja Tahun 2020 Diproyeksikan Sebesar 77 Miliar

Namun meski demikian, Bupati berkomitmen, sebelum perayaan Natal, dokumen sudah didorong ke DPRD. “Sebagai kepala daerah, kita tetap punya komitmen mudah-mudahan di bulan Desember sebelum natal dokumen bisa kita dorong ke DPRD,” ujarnya.

Bupati secara terbuka juga menyebut, salah satu yang menyebabkan dokumen anggaran lambat didorong ke DPRD adalah persoalan ditersangkakannya Sekretarus Dinas PMK.

“Jujur saja dengan Sekretaris Dinas PMK ditersangkakan, ini PR besar buat kita. PR besar itu karena dana kampung tahap 1, 2 dan 3 pasti akan terlamnbat. Tetapi bagaimana pun kita harus secepatnya mengambil langkah untuk minimal dana-dana kampung ini bisa terealisasi dengan baik,” imbuhnya.

Baca Juga:  Masih Optimalisasi Data, Pengumuman Hasil CPNS 2018 Diperkirakan Minggu Kedua September

Disinggung terkait sanksi yang nanti bakal diterima ketika APBD terlambat ditetapkan, Bupati mengatakan akan berkomunikasi dengan DPRD sehingga jangka waktu yang pendek kedepan bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Sanksi sudah tentu pasti ada, makanya saya juga berharap nanti kalau kita dorong Desember, komunikasi kita dengan DPRD bisa baik sehingga waktu yang pendek ini bisa dimaksimalkan,” pungkasnya. |RED|


Bagikan Artikel ini:

Check Also

Seorang Pria di Kaimana Ditemukan Tewas Gantung Diri di Rumahnya

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM – Seorang Pria parubaya berinisial M (54) ditemukan tewas gantung diri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *