Home / Nasional / Kartini Kaimana ini Terima Penghargaan dari OASE Kabinet Indonesia Maju

Kartini Kaimana ini Terima Penghargaan dari OASE Kabinet Indonesia Maju

Bagikan Artikel ini:

KAIMANANEWS.COM- Cristina Goga namanya, perempuan inspiratif asli suku Oburauw Kaimana, kelahiran Fakfak 10-10-1990 ini, mendapat penghargaan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) atas jasanya di bidang kesehatan.

Piagam penghargaan yang ditandatangani Pembina Oase, Ny. Iriana Joko Widodo dan Ny. Wury Ma’ruf Amin ini, diterimanya pada acara puncak peringatan Hari Kartini Tahun 2022 tingkat Provinsi Papua Barat di Manokwari, Kamis (21/4/2022).

Penghargaan ini diserahkan secara resmi oleh Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Papua Barat, Ny. Lani Mohamad Lakotani mewakili Ketua Umum Oase-KIM, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Selain Cristina Goga, A.Md.Keb, ada juga 11 perempuan inspiratif Papua Barat lainnya yang juga ikut menerima piagam penghargaan. Mereka menurut Ketua BKOW Lani Mohamad Lakotani, memiliki dedikasi nyata di bidangnya dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan perannya masing-masing.

“12 perempuan yang menerima piagam penghargaan pada peringatan Hari Kartini kali ini adalah perempuan yang berjasa di bidang pertanian, kesehatan, lingkungan hidup,  pendidikan dan sosial budaya,” ujar istri Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani ini.

Dikatakan, award yang diberikan ini diharapkan mampu memotivasi seluruh kaum perempuan di Papua Barat agar mau berkarya dan terus meningkatkan kreativitas diri sehingga bisa turut berkontribusi bagi pembangunan daerah.

“Award ini bukan lah tujuan akhir. Yang utama adalah kita ingin perempuan Papua Barat menunjukkan eksistensinya. Bahwa kita juga bisa dan kita adalah perempuan tangguh,” tuturnya.

Baca Juga:  Pemda Kaimana Gelar Rapat Kewaspadaan Dini Jelang Pemilu 2024

Ditambahkan pula, masih banyak kriteria lain yang perlu mendapat penghargaan. Untuk itu ia berharap, di tahun mendatang kriteria penerima award ini bisa lebih luas. “Dengan diberikan penghargaan tentu lebih bisa memacu keterampilan dan tetap eksis di bidangnya masing-masing,” pungkasnya.

Sementara Cristina Goga ketika dihubungi usai menerima award mengatakan, tidak pernah menyangka dirinya menjadi bagian dari 12 nama yang terpilih sebagai penerima award Hari Kartini Tahun 2022. Cristin demikian biasa disapa, bahkan bertanya-tanya apa yang sudah dilakukan sehingga mendapat kehormatan.

Namun dirinya lupa, bahwa apa yang sudah dilakukannya selama ini, terutama ketika bertugas sebagai pelayan kesehatan di Pustu Kampung Bahumia, lalu dipindahkan ke Puskesmas Tairi tepatnya di Polindes Esania, dan sejak tahun lalu diperbantukan dalam tim pelayanan vaksinasi Covid-19, dicatat oleh banyak orang dan tercatat sebagai sebuah bentuk dedikasi terhadap bangsa dan negara.

Kartini dari Kampung Ubia Sermuku, Distrik Kambrauw ini juga lupa, bahwa keterlibatannya dalam tim pelayanan vaksinasi telah menginspirasi banyak orang, terlebih khusus masyarakat asli Papua yang selama sedikit apatis dengan program pemerintah yang satu ini.

Bahwa informasi layanan vaksinasi dan ajakannya untuk menjalani vaksinasi, baik langsung maupun melalui media sosial, telah menggerakan hati banyak orang untuk mendatangi lokasi vaksin dan menerima vaksin.

Lulusan Poltekes Kemenkes Manado Jurusan Kebidanan Tahun 2013 ini mengatakan, penghargaan yang diterimanya ini akan menjadi penyemangat baginya, untuk kedepan bisa melakukan yang lebih baik lagi. Cristin juga mengakui, penghargaan ini juga merupakan bagian dari campur tangan Tuhan untuk dirinya.

Baca Juga:  Kendalikan Harga Pangan, Mendagri Dorong Pemda Optimalkan Dana Dekonsentrasi

“Perasaan saya pastinya bangga dan senang. Saya tidak pernah berpikir sedikit pun akan mendapatkan penghargaan ini. Tapi saya percaya ini berkat yang luar biasa dari Tuhan. Karena siapa yang bekerja dengan tulus tanpa mengeluh pasti akan mendapat satu tanda heran ke tanda heran yang lainnya. Intinya kerjakan apa yang menjadi bagian kita dan biarkan Tuhan melakukan bagianNya,” tutupnya sembari mengucap terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan.

Untuk diketahui, OASE Kabinet Indonesia Maju ini sendiri dibentuk pada tanggal 23 Oktober 2019 oleh Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden bertepatan pada saat pelantikan Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo dan Maruf Amin periode 2019-2024 (sebelumnya bernama OASE Kabinet Kerja Periode 2014-2019).

OASE Kabinet Indonesia Maju merupakan organisasi khusus gagasan Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden serta disepakati oleh para pendamping menteri Kabinet Indonesia Maju untuk turut mendukung dan berperan dalam mensukseskan program Kabinet Indonesia Maju, yang tentunya sesuai dengan kapasitas sebagai para pendamping.

OASE Kabinet Indonesia Maju merupakan wadah untuk jejaring komunikasi dan koordinasi sehingga memudahkan seluruh anggotanya untuk secara bersama-sama melakukan serangkaian aktivitas yang berguna bagi masyarakat luas.|RED|KN1|


Bagikan Artikel ini:

Check Also

Bupati Kaimana Pimpin Upacara Hari Pahlawan ke-78

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM- Bertempat di Halaman kantor Bupati Kaimana, Jumat (10/11/2023) Bupati Kaimana, Freddy …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *