Home / Budaya Pariwisata / Tahun 2024, Pemda Kaimana akan Alokasikan Rp.61 Miliar untuk Pariwisata

Tahun 2024, Pemda Kaimana akan Alokasikan Rp.61 Miliar untuk Pariwisata

Bagikan Artikel ini:

KAIMANANEWS.COM- Pemerintah Kabupaten Kaimana benar-benar berkomitmen menjadikan Kaimana sebagai kota wisata. Untuk merealisasikannya, pada APBD tahun 2024, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan mengalokasikan dana sebesar Rp.61 Miliar.

Hal ini disampaikan Bupati Kaimana, Freddy Thie ketika membuka secara resmi kegiatan Pesta Budaya Teluk Bicari di Kampung Marsi, Distrik Kaimana, Sabtu (2/12/2023). Menurut Bupati, pariwisata merupakan salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat.

“Mudah-mudahan nanti di dokumen anggaran 2024 yang akan disiapkan dan dalam waktu dekat kita dorong ke DPRD, kita akan fokuskan untuk peningkatan pariwisata di Kabupaten Kaimana. Kita siapkan lewat Dinas Pariwisata dengan Pagu anggaran sebesar 61 Miliar,” ujar Bupati.

Baca Juga:  Tokoh Pemuda Mairasi Sesali Pencatutan Nama Suku Mairasi pada Pengukuhan Adat Paulus Waterpauw

Orang nomor satu lingkup Pemkab Kaimana ini berharap, usulan anggaran pariwisata yang nanti diajukan, mendapat persetujuan dari DPRD selaku lembaga yang berwenang memutuskan dan mengesahkan APBD.

“Karena disini hadir bapak-ibu dewan dan mereka yang punya kewenangan untuk memutuskan anggaran, harapan saya sebagai kepala daerah, mudah-mudahan dalam usulan kegiatan tahun 2024 nanti khusus pariwisata kita harap seperti jalan tol,” ucapnya.

Bupati juga sebut, pariwisata bukan hanya berkaitan dengan pengembangan spot-spot wisata, tetapi ada unsur 3A yang juga harus diperhatikan oleh Pemerintah Daerah yakni Akses, Atraksi dan Amenitas.

Baca Juga:  Kaimana Raih Penghargaan Daerah Teluk Pesisir Terbaik

“Akses ini bagaimana orang dari luar datang ke Kaimana dengan harga tiket yang murah, tetapi juga akses cepat dan tepat waktu. Atraksi juga demikian, bagaimana masyarakat setempat mempersiapkan diri salah satunya seperti pesta budaya Teluk Bicari ini. Dan Amenitas, dimana kita juga harus menyiapkan sarana prasarana pendukung, selain infra struktur, hotel-hotel juga harus siap,” ungkap Bupati. |RED|


Bagikan Artikel ini:

Check Also

Bupati Buka Festival Amal Ilmiah SMP Yapis Kaimana

Bagikan Artikel ini: KAIMANANEWS.COM – Kedua kalinya, 4-9 Desember 2023, SMP Yapis Kaimana menggelar Festival …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *